IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN PERMATA KOTA MALANG

 
di Posting olehrulam Aug 29, 2012
 

Baca juga artikel ini:

LATIFAH, ULYA. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK PADA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN PERMATA KOTA MALANG.

 Pendidikan Akhlak adalah pendidikan mengenai dasar-dasar moral (akhlak) dan keutamaan perangai, tabiat yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasaan oleh anak sejak masa analisa hingga ia menjadi mukallaf yang mengarungi lautan kehidupan. Pengajaran akhlak di sekolah-sekolah pada saat ini belum diberikan secara mandiri, dalam arti masih terintegrasi dengan mata pelajaran Agama ataupun Pendidikan Pancasila, namun pada umumnya para pendidik jarang sekali menyentuh mengenai pendidikan akhlak, karena pendidikan akhlak dianggap sebagai pemberian ceramah-ceramah saja. Usia Sekolah Dasar adalah masa yang sangat menentukan untuk masa depannya dan pendidikan akhlak sangat dibutuhkan. Dalam hal ini harus ada pendidikan akhlak yang mampu memadukan antara pendidikan sekolah, keluarga, dan lingkungan secara kontineu, dengan mengkomunikasikan perkembangan anak kepada pihak sekolah atas apa yang menjadi kebiasaan anak di rumah dan di lingkungan agar terjalin komunikasi yang baik antara orang tua dan guru untuk perbaikan pendidikan khususnya akhlak anak, berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Implementasi Pendidikan Akhlak Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Kota Malang.

Sedangkan rumusan masalah yang menjadi pembahasan ini meliputi; apa saja bentuk-bentuk pendidikan akhlak, bagaimana implementasi bentuk-bentuk kegiatan pendidikan akhlak, dan aspek-aspek apa yang mendukung implementasi pendidikan akhlak di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Kota Malang Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk pendidikan akhlak, untuk mengetahui bagaimana implementasi bentuk-bentuk kegiatan pendidikan akhlak, dan untuk mengetahui aspek-aspek apa yang mendukung implementasi pendidikan akhlak di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kota Malang.

Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan, serta triangulasi data, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara utuh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di sekolah, disini penulis sertakan gambar dan lampiran sebagai pelengkap data.

Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwasannya bentuk-bentuk pendidikan akhlak, dan implementasinya serta aspek pendukungnya dimasukkan dalam program kurikuler, non kurikuler dan ekstrax kurikuler berupa akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak terhadap lingkungan serta pembinaan kepribadian Lingkar Qur’an, yang dijadikan program untuk mencapai quality assurance sekolah. Kalaupun masih ada program lain yang belum disebutkan dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sni.

Kata Kunci : Sekolah, Akhlak.