VISIT JATENG 2013: Siap Sambut Wisatawan Pertama 2013

 
di Posting olehrulam Dec 24, 2012
 

Baca juga artikel ini:

SOLO – Jawa Tengah (Jateng) khususnya Kota Solo berencana menyambut kedatangan wisatawan pertama pada 2013, dalam rangka membuka Visit Jateng Year 2013.

Kabid Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jateng, Trenggono, menyampaikan agenda menyambut kedatangan wisatawan pertama itu akan dilakukan di Solo dan Semarang. Di Solo, wisatawan pertama yang akan disambut adalah penumpang pesawat Airasia dari Kuala Lumpur, Selasa (1/1/2013) yang tiba di Bandara Adi Soemarmo Solo pukul 08.25 WIB. Kemudian di Semarang, lanjut Trenggono, pihaknya juga akan menyambut kedatangan wisatawan yang menggunakan kapal pesiar di pelabuhan, Senin (7/1/2013).

“Untuk kapal pesiar itu, kalau bukan dari Singapura ya Australia. Nanti akan kami pastikan lagi,” kata Trenggono, saat dihubungi Solopos.com, Senin (24/12/2012).

Mengenai kesiapan Visit Jateng Year 2013, Trenggono menyampaikan Jateng sudah menyiapkan seluruh destinasi, sumber daya manusia dan event-event yang akan digelar di sejumlah daerah di Jateng.

“Total ada 150 event yang kami inventarisasi. Dari 150 event itu, sekitar 50 event sudah kami jual berbarengan dengan beberapa program promosi dan road show.” Promosi Visit Jateng Year 2013, lanjut dia, sudah dilakukan di luar negeri dan dalam negeri, termasuk kepada komunitas blogger pariwisata. Selain itu, promosi juga melibatkan Visit Indonesia Tourism Office (Vito) yang ada di 12 negara.

“Dan kami juga berharap masyarakat Jawa Tengah mendukung dan menyukseskan program ini.”

Mengenai destinasi, Trenggono mengatakan di Jateng ini ada enam kawasan destinasi utama yang siap menjadi daya tarik dalam Visit Jateng Year 2013. Keenam kawasan destinasi itu antara lain Solo-Sangiran, Semarang-Karimunjawa, Borobudur-Dieng, Cilacap-Baturaden, Tegal-Pekalongan dan Rembang-Blora.

“Kawasan destinasi itu nantinya akan mengerucut pada destinasi-destinasi wisata yang ada di kawasan tersebut, seperti di Solo-Sangiran tentu ada Candi, Cetho, keraton dan lain-lain.”

Dia melanjutkan, Visit Jateng Year 2013 akan menaikkan tingkat wisatawan yang datang ke Jateng. Targetnya, Jateng bisa dikunjungi 25 juta wisatawan domestik dan 500.000 wisatawan asing.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia Solo (BPPIS), Hidayatullah Al Banjari, menyampaikan Solo juga punya agenda untuk menyambut wisatawan pertama pada 2013.

“Wisatawan pertama yang akan kami sambut adalah wisatawan domestik yang datang dengan pesawat Garuda Indonesia penerbangan pertama dari Jakarta, sekitar pukul 07.00 WIB. Kami akan menyambut mereka dengan melibatkan Solo Batik Carnival,” kata Hidayatullah.

http://www.solopos.com/2012/12/24/visit-jateng-2013-siap-sambut-wisatawan-pertama-2013-361503